Mengetahui Pengertian Server dan Seluk







Pengertian server mungkin perlu diketahui karena sepertinya masih banyak masyarakat yang belum begitu memahaminya.

Mengenal Pengertian Server


Berbicara tentang komputer mungkin orang awam akan berpikir bahwa komponen didalam komputer ini sangatlah banyak. Terutama mengenai jaringan komputer dimana didalamnya terdapat beragam komponen yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Apalagi dalam sebuah komputer ini terdapat server komputer

Pengertian server ini sendiri merupakan suatu lokasi dimana didalamnya terdapat beragam informasi seperti file dan jiga data yang bisa diberikan kepada klien yang terhubung pada server ini. Sebagai contoh anda menggunakan komputer A sebagai server. Kemudian komputer B dihubungkan dengan komputer A. Melalui komputer B ini anda bisa mengakses segala data maupun file yang ada didalam komputer A. Sehingga segala aktifitas bisa lebih mudah.


Mengetahui Fungsi Server


Setelah mengenal tentang pengertian server maka untuk selanjutnya adalah mengetahui tentang fungsi dari server itu sendiri. Pada dasarnya server bisa dikatakan sebagai induk. Namun didalam jaringan komputer, server memiliki beberapa fungsi seperti :

Menyimpan beragam data, file, aplikasi dan yang lainnya yang mana semuanya bisa diakses oleh komputer (klien) lain yang terhubung.
Memberikan layanan atas segala permintaan yang direquest oleh klien.
Melakukan setting untuk menentukan klien mana sajakah yang bisa mengakses segala data yang ada di dalam server.
Memberikan sistem keamanan pada klien seperti memasang anti malware agar klien terlindungi.
Bagaimana Server Bisa Bekerja?

Seperti yang sudah digambarkan di atas bahwa server berperan sebagai induk yang memberikan layanan atau permintaan dari klien yang terhubung. Ketika komputer lain yang berperan sebagai klien meminta ijin untuk mengakses suatu website atau menggunakan data dan file lainnya, maka sebagai server wajib melayani permintaan tersebut.

Kemudian ketika ada klien lain yang juga ingin melakukan hal sama seperti yang dilakukan oleh klien pertama, maka server juga harus melayani permintaan tersebut. Dengan demikian sudah sangat jelas bahwa dari pengertian server yang sudah dijelaskan diatas mampu memberikan gambaran bahwa server berfungsi untuk menyimpan, melayani dan melindungi klien.

Jenis Server yang Harus Diketahui


Selain pengertian server, hal lain yang tak kalah pentingnya untuk disampaikan adalah mengenai jenis – jenis server dimana disesuaikan dengan fungsinya. Jenis server tersebut diantaranya meliputi :

Server Web, menyimpan seluruh data informasi atau konten suatu website dimana kebanyakan menggunakan HTTP.
Server Mail, server ini menyimpan sekaligus melayani beragam permintaan klien yang diakses melalui surat elektronik.
Server Proxy, server yang berfungsi sebagai pengatur dalam membedakan klien dalam dan luar serta membatasi request yang dilakukan oleh klien.
Server aplikasi, melayani request klien mengenai database.
Server video dan audio, menyimpan beragam file yang berupa multimedia yang terdapat dalam suatu website.
Server telnet, server yang bertugas untuk mengatur aktivitas login dan logout.
Server FTP, server yang bertugas untuk mengatur tentang proses transfer data yang dilakukan oleh jaringan.
Server news, melayani beragam permintaan klien mengenai berita yang diakses melalui jaringan.
Keuntungan yang Didapatkan Menggunakan Server

Mengenai keuntungan menggunakan server sebenarnya cukup banyak. Namun yang paling terlihat adalah :

Efisien
Setiap orang tentu menginginkan segala sesuatunya yang bisa bersifat hemat. Dalam hal server ini ini juga kurang lebihnya sama dimana ketika dalam suatu instansi maupun perusahaan yang ingin membagikan suatu data, file atau informasi. Maka tidak perlu membagikan satu per satu. Karena cukup diakses melalui komputer yang berperan sebagai server saja, maka komputer lain yang dalam hal ini berperan sebagai klien bisa ikut mengakses data atau informasi tersebut. Sehingga dari segi waktu dan tenaga, ini terbilang efektif.

Ekonomis
Kemudian manfaat yang kedua yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan server adalah dimana anda bisa menghemat beberapa budget. Sebagai contoh dalam suatu lokasi terdapat puluhan komputer dengan satu komputer sebagai server. Maka ketika ingin melakukan aktifitas seperti printing, anda tak perlu harus memasang puluhan printer juga namun hanya membutuhkan satu printer saja yang dihubungkan dengan komputer server. Dengan begitu komputer lain yang berperan sebagai klien juga bisa melakukan aktifitas print melalui komputer klien menuju print yang dipasang pada komputer server. Baca juga: mengetahui wifi dengan cmd

Komponen yang Dibutuhkan Agar Suatu Komputer Bisa Digunakan Sebagai Server

Setelah mengetahui tentang pengertian server dan beragam informasi lainnya, tentu anda menjadi penasaran sebenarnya apa sajakah yang dibutuhkan agar bisa menggunakan sebuah komputer yang nantinya bisa difungsikan sebagai server. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu anda ketahui dan dipersiapkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonton Film Korea The Undateables (2018) EP-1-32

Kelebihan Sablon Kaos DTG yang Harus Anda Ketahui

Hal Menarik dari Drama Korea The Undateables 2018